jaringan ad-hoc untuk file sharing ( pada windows 7 )

Pada bagian ini saya ijin mengulas dan menerangkan tentang fasilitas jaringan ad-hoc untuk file sharing.


Dengan menggunakan jaringan ad-hoc kita dapat melakukan kegiatan seperti File Sharing dan Internet Connection Sharing. Disini akan saya tunjukan bagaimana cara untuk melakukan kedua hal tersebut dengan menggunakan Microsoft Windows Seven. Membangun jaringan ad-hoc melalui Microsoft Windows Seven lebih mudah dibandingkan meenggunakan Microsoft Windows XP., khususnya dalam melakukan Internet Connection Sharing. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam konfigurasi jaringan ad-hoc.

1. Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center

2. Pilih Set up a new connection or network


3. Setelah itu pilih set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network


4. Akan muncul permintaan memasukkan Network name (SSID), Security type, dan Security Key.


5. Dengan ini maka telah dibuat sebuah network baru dengan network name yang telah ditentukan. Untuk dapat melakukan Internet Connection Sharing maka cukup memilih option “Turn on Intenet Connection Sharing” dengan syarat telah memeliki koneksi internet sebelumnya dengan menggunakan kabel Lan, dial up atau modem 3G, dsb.


6. Secara default jika langkah 5 telah dilakukan maka Internet Connection Sharing telah dapat dilakukan, akan tetapi untuk pengaturan yang lebih spesifik pada masing-masing koneksi internet yang kita pakai yaitu dengan konfigurasi pada : Control Panel > Network and Intenet > Network and Sharing Center kemudian pilih jenis koneksi yang ingin kira share, masuk ke properties, pilih tab sharing, setelah itu beri tanda centang pada “Allow other network users to connect through this computer’s Intenet Connection”.


7. Saat ini komputer telah menjadi seolah-olah sebuah access point yang menunggu client-client. Akan tetapi wireless adapter masih belum mempunyai IP Address, IP address akan muncul apabila ada client yang sudah secara automatis maka komputer kita akan menjadi gateway untuk client-clientnya.


8. Untuk melalukan file sharing, klik kanan pada folder yang akan kita share selanjutnya pilih properties, pilih option sharing > advanced sharing > check box “share this folder“. Secara default permissions yang diset adalah allow read for everyone, akan tetapi kita dapat mengkonfigurasikan sendiri permission share tersebut.


9. Dengan demikian proses pertukaran file melalui jaringan wireless dapat dilakukan.


Mudah bukan, untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari2,

0 komentar:

Poskan Komentar